pintu keluar's Blog

jalan keluar satu-satunya

jOKEr

on April 3, 2012

Membaca timeline di twitter beberapa minggu belakangan, sepertinya ada buku menarik yg ramai ‘ditestimoni’ pembacanya sambil mention penulisnya, @vabyo. Judulnya lumayan bikin mikir apa isinya, JOKER. Kebanyakan testimoni yg di-RT bunyinya, “endingnya ga disangka-sangka!” Atau “keren banget twist nya. Beneran ga kepikiran endingnya begitu.” Dan sebagainya, rata-rata memang testimoni berbicara bahwa endingnya tidak bisa ditebak. Dan dasar sifat mendasarku adalah penyuka teka-teki, aku putuskan membeli novel bercover warna hitam itu, 3hari yang lalu!

Membaca halaman-halaman awal, aku suka cara bertutur @vabyo. Beberapa kalimat sempat membuat merenung. Sebenernya konsisten sampai halaman akhir. Namun sayangnya, tanpa berusaha menebak apa yang terjadi pada tokoh-tokoh dan alur cerita, aku sudah menangkap hal-hal yang sengaja @vabyo sembunyikan hingga dibuka di akhir cerita. Jadi sensasi “endingnya ga ketebak” ga aku dapatkan. Karena sebenernya, bukan ending yang pembaca ga ketebak. Tapi karakter dalam novel itu sendiri yang membuat pembaca salah paham.

Saat membaca novel, pembaca sepertinya harus ‘kenal’ dengan karakter tokoh itu sendiri. Di novel ini, kita seolah-olah diperkenalkan pada karakter tokoh sentral, seolah memahami bagaimana ‘mereka’, tapi di akhir cerita ternyata ada yang kita salah tangkap. Padahal sebenarny penulis sudah gamblang menjabarkan karakter tokoh sentral itu sendiri. Pilihan memahami atau menyalahpahami itu pilihan pembaca. Sayangnya, aku termasuk yang terlalu cepat menebak, jadi hilanglah surprisenya.

Pagi ini, lembar terakhir novel JOKER sudah terlahap. Meski tdk mendapatkan sensasi kaget di ‘ending’, paling tidak novel ini merupakan langkah awal dan pemanasan untuk gerakan ‘kembali ke buku’ dan lebih jarang melototi twitter.

Novel wajib selanjutnya, PARTIKEL dari @deelestari. Ga sabar untuk menulis kekagumanku di sini!

*ditulis dalam bis perjalanan rumah-kantor*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: