pintu keluar's Blog

jalan keluar satu-satunya

PROBOLINGGO my Home Town (Part 1)

on March 4, 2010

sebagai warga asli Probolinggo,, rasanya saya mempunyai tanggung jawab moral untuk menulis tetang kota kecil dimana saya dilahirkan tersebut. jujur, saya merasa beruntung lahir, tumbuh dan mungkin menghabiskan masa pensiun saya nanti di Probolinggo. saya merasa hidup di kota kecil dan tumbuh menjadi remaja itu suatu keberuntungan. saya tidak terlalu terkontaminasi dengan hiruk pikuk seperti di kota besar, masyarakatnya juga masih sangat guyub, berbeda sekali dengan kota besar. dan tentu saja udaranya yg msh sedikit lebih bersahabat untuk kesehatan pernapasan dibanding dengan kota besar.

Logo kabProbolinggo

Probolinggo merupakan sebuah kota kecil di bagian timur pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan selat madura dan berjarak sekitar 3 jam perjalanan ke arah timur dari Surabaya. Probolinggo berada di lereng pegunungan yang membujur dari Barat ke Timur, yaitu Gunung Semeru, Argopuro, Lamongan dan Tengger. Selain itu terdapat gunung lainnya, yaitu Gunung Bromo, Widodaren, Gilap, Gambir, Jombang, Cemoro Lawang, Malang dan Batujajar. dan tentu saja Gunung Bromo yang paling terkenal baik di Indonesia maupun Internasional. satu lagi yang khas dan hanya terdapat di Probolinggo adalah angin Gending. sebenarnya Gending merupakan salah satu kecamatan di Probolinggo yang berada di lereng gunung Bentar, dan jujur saya sendiri tidak tahu  mengapa angin yang kering dan panas ini disebut angin gending. mungkin di daerah inilah angin berhembus paling dahsyat ke arah laut. memang tidak jarang di Probolinggo diterpa puting beliung terutama saat musim hujan dimana tekanan udara di darat dan diudara tidak seimbang.

salah satu hal yang membuat saya selalu rindu pulang ke Probolinggo adalah daerahnya yang masih banyak sawah2..😀 dan ada beberapa pantai yang mudah jangkauannya. meski tidah seindah pantai2 di daerah timur Indonesia, tapi saya benar-benar menikmatinya.

Bentar Gate

pantai-pantai didaerah Probolinggo kebanyakan berada di utara kota, dan pegunungan di sebelah selatan. jadi jangan harap ada sunset atau sunrise di pantai kami😀 salah satu pantai telah dikelola oleh pihak swasta sebagai objek wisata. beberapa fasilitas perairan bisa dinikmati disana, kami menyebutnya Pantai Bentar. pantai di Probolinggo tidak berwarna putih seperti di Bali atau Lombok, tapi berwarna kehitaman dan benar-benar seperti pasir. namun pasirnya empuk dan hangat. di Pantai Bentar biasanya diadakan festival musik (kebanyakan dangdut, mungkin disesuaikan dengan selera lokal :D) atau perayaan-perayaan lain. tepat di sebelah selatan pantai Bentar, bahkan tepat berhadapan dengan Bentar Gate dan hanya dibatasi dengan jalan raya (Pantura Jawa-Bali) terdapat gunung Bentar. namanya memang sama, mungkin sepaket😀 tapi gunung bentar bagi saya tidak lebih dari sekadar tebing, dan tidak jarang ditempel poster-poster raksasa sebagai iklan, bahkan waktu PILBUP yang lalu tebing bentar sisi timur  tertutup poster raksasa calon bupati, bahkan menutup tebing yang tingginya kira-kira puluhan meter. sebetulnya, itu bisa mengganggu pandangan pengemudi dari arah timur ke barat (Situbondo-Surabaya), karena baliho itu betul-betul menarik pemandangan.

Binor dan Paiton Power Plant

ok, kembali ke bahasan tentang pantai😀 selain pantai Bentar, di  Probolinggo juga terdapat pantai Binor. namun pantai ini sudah difungsikan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN dan perusahaan asing. tapi terkadang saya masih suka menyempatkan diri kesana untuk menikmati laut dan memandang Power Plant di ujung pantai. pantai Binor daerahnya tertutup, bahkan lebih privat dari pada pantai Bentar. pasirnya juga lebih terang warnanya, agak kecoklatan dan tidak terlalu empuk. mungkin karena peruntukannya untuk pembangkit listrik dan bukan daerah wisata, maka keindahan pantai tidak menjadi prioritas utama. kebanyakan, yang mampir ke pantai ini adalah para nelayan, pemancing, terkadang anak-anak kecil mencari bebatuan. tujuan saya ke sana paling-paling hanya menghirup udaranya saja dan menikmati kesunyiannya karena sangat minim pengunjung. pantai ini tertutup oleh semak-semak dan pepohonan, jadi tidak bisa dilihat langsung dari jalan raya binor (Pantura Jawa-Bali). dan akses ke pantai ini pun lumayan sulit. dari jalan raya, jika naik motor atau sepeda harus menembus jalan setapak yang tertutup semak berduri, memarkir sepeda atau motor di tempat terbuka, lalu berjalan turun ke pantai. namun, jangan jauh-jauh meninggalkan motor atau sepeda. bisa-bisa berpindah tangan karena tidak ada yang mengawasi. dan bisa-bisa anda benar-benar sendiri di pantai ini. kekurangan pantai ini hanya sampah dan bongkahan-bongkahan kayu. selain itu, bisa direkomendasikan sebagai tempat privat😉

Bromo

dari sebelah timur Probolinggo, sekarang beralih ke sebelah barat. sebenarnya agak selatan Probolinggo, karena berbatasan dengan Kabupaten Lumajang. adalah gunung Bromo, yang terkenal sampai ke manca negara, sebuah gunung -yang saya akui-  sungguh mempesona. disini tidak hanya gunung, tapi juga lautan pasir yang bisa kita nikmati dengan menunggang kuda. saya belum menemukan lautan pasir di gunung manapun yang pernah saya singgahi. tapi disini, lautan pasir bagai karpet super tebal yang menjadi alas bagi singgasana Bromo. gunungnya pun unik, dengan kawah yang sangat lebar dan beberapa gunung yang mengitarinya, seperti gunung Batok. selain viewnya, masyarakatnya juga unik. di Bromo, mayoritas masyarakatnya beragama Hindu dan disebut suku Tengger. penamaan suku ini pun punya cerita sendiri yang belum berani saya tulis karena saya belum memperoleh sumber yang bisa menceritakan secara detil tentang legenda penamaan suku ini. suku Tengger mempunyai ritual tahunan yang menarik, disebut Kasodo. ritual ini semacam ritual persembahan dengan memasukkan hewan ternak ke kawah gunung Bromo, konon ritual ini juga berhubungan dengan legenda tengger. tapi itu semua baru sebagian dari keunikan gunung Bromo. most of all, Bromo tempat yang layak untuk dikunjungi😉

lanjut ke Part 2😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: