pintu keluar's Blog

jalan keluar satu-satunya

tangga sudah tidak laku!!!

on February 5, 2010

saya tergelitik untuk (lagi-lagi) mengabadikan momen-momen yang menurut saya menarik, dimanapun saya berada. kali ini masih di seputaran daerah kekuasaan PT KAI yaitu tepatnya di stasiun gambir. stasiun yang terletak di pusat kota jakarta ini menurut saya masih minim fasilitas. padahal tidak jarang saya melihat warga negara asing memanfaatkan stasiun ini baik untuk menunggu kereta yang akan ditumpangi maupun sebagai tempat pemberhentian dari kota-kota lain di pulau jawa. contohnya, toilet yang masih apa adanya, ruang tunggu yang juga masih apa adanya, dan banyak lagi yang apa adanya. ruang pusat informasi juga tidak dihuni petugas (kali ini saya lupa untuk mengabadikannya). tapi ada yang unik disini. yaitu tangga!

ya, dari lantai 1 naik menuju lantai 2 ruang tunggu dan tempat makan customer disediakan tangga dan eskalator. sejak tanggal 1 Januari 2010, yang boleh masuk ke lantai 1 hanya penumpang, sedangkan pengantar dilarang. itulah kenapa saya menyebut fasilitas ini untuk customer atau penumpang. yang unik dari tangga ini adalah:

tangga vs eskalator 1

pada gambar disamping ini (tangga vs eskalator 1) saya abadikan pada tanggal 3 februari 2010 jam 18:15 dimana bisa disebut jam-jam peak karena banyak orang pulang kerja yang akan memanfaatkan jasa kereta api untuk sampai ke tempat tujuan, mungkin pulang. pada gambar disamping, beberapa orang menggunakan eskalator untuk menuju lantai 2 dari lantai 1. mungkin saat itu sekitar 5 atau 6 orang. beberapa terburu-buru sebenarnya, sambil berlarian kecil menaiki eskalator. tidak semua membawa beban berat, rata-rata hanya membawa tas ransel atau travel bag kecil.

tangga vs eskalator 2

gambar kedua yang saya ambil (tangga vs eskalator 2) sekitar 1 menit setelah gambar pertama. dan volume penumpang sedikit lebih banyak. kira-kira 2 kali lipat dari gambar pertama. barang bawaan juga tidak terlalu berat dan banyak, bisa dilihat dari tidak adanya porter yang membantu.

tangga vs eskalator 3

pada gambar 3 disamping ini jumlah orang yang menggunakan eskalator 3 kali lebih banyak dari gambar 1, atau bahkan lebih. (lagi-lagi) tidak semua membawa beban yang berat, beberapa hanya membawa tas ransel kecil. dan gambar ini saya ambil hanya beberapa detik setelah gambar 2.

dari ketiga gambar tersebut, saya hanya ingin memberi kesimpulan kecil, yaitu tidak ada lagi orang yang bersedia menggunakan tangga. meski berdesakan dan terhitung lebih lama daripada naik tangga, orang-orang tidak ada lagi yang mau menggunakan tangga. mereka lebih memilih menggunakan eskalator. mungkin juga termasuk saya. padahal tangga pada gambar tersebut lebih luas, dan dalam kenyataannya memang lebih lebar dan dapat memuat lebih banyak pengunjung. namun pengunjung lebih memilih berdesakan menggunakan eskalator. mungkin dari sini bisa kita lihat bahwa masyarakat kita masih mendamba kenyamanan dan kurang memanfaatkan kesempatan berolahraga dengan menggunakan tangga😀


Leave a Reply

