pintu keluar's Blog

jalan keluar satu-satunya

wajah Kereta Api Indonesia

on February 4, 2010

Beberapa hari yang lalu saya menggunakan jasa PT KAI untuk sarana transportasi menuju ke Ibu Kota Indonesia dari Ibu kota Propinsi Jawa Timur. sebenarnya saya sudah sangat mahfum dengan pelayanan yang diberikan oleh persero yang satu ini. kalau ada yang bilang ada harga ada kualitas, belum tentu di persero ini. kadang ada harga blm tentu ada kualitas. saya mahfum. tidak perlu saya menjelek-jelekkan pelayanan, karena tidak ada gunanya pula. saya hanya bisa mendoakan semoga kedepannya pelayanan bisa lebih baik, mungkin memiliki kereta baru, mungkin jangkauan pelayanannya lebih luas, dan terutama penumpangnya bisa menjaga apa yang sudah ada, jangan merusak atau memperburuk keadaan.

sebenarnya saya ingin sedikit mengulas mengenai pengalaman saya bertransportasi dengan kereta api, hal-hal yang selalu saja terjadi. kali ini bukan dari PT KAI nya, namun dari penumpangnya. inilah yang semakin menurunkan kualitas kereta api Indonesia itu sendiri. sebagai contoh, dalam foto yang saya ambil pada tanggal 2 Februari malam atau mungkin 3 dini hari lalu, dimana kereta yang saya tumpangi kebetulan adalah kereta Gumarang dengan service bisnis dengan harga murah meriah, yaitu Rp 160.000,- anda sudah bisa sampai Stasiun Jakarta Kota dengan (InsyaAllah) selamat.

Inside Gumarang

dalam foto yang saya ambil ini, bisa saya sebut layanan plus plus dari kereta api kelas bisnis. bagaimana tidak, cukup bermodalkan Rp6000,- anda sudah bisa menyewa 2 buah selimut, 1 buah digunakan sebagai alas tidur dan lainnya sebagai selimut (sesuai fungsinya). silakan gelar selimut anda dibawah jok dan silakan menikmati layanan plus plus ini. foto ini saya ambil pada pukul 21.12 dan “sang pemimpi” sudah ridur dengan sangat pulas disana. tentunya ini merupakan “bonus” bagi penumpang yang sebangkunya, karena bisa memanfaatkan jok kereta dengan merebahkan badan dan ikut menjadi “sang pemimpi”, bisa dilihat telapak kaki yang menyembul keluar dari bangku, pertanda penumpang tsb sudah menikmati fasilitas plus-plus ini.

hal seperti ini sudah tidak mengagetkan lagi, mengingat motto customer di Indonesia adalah memanfaatkan sebanyak-banyaknya dengan harga serendah-rendahnya, selama tidak merugikan perusahaan jasa yang bersangkutan. dan menurut saya, hal seperti ini tidak merugikan Persero kok.. malah mendapat lebih banyak income dari penumpang yang memesan tambahan fasilitas.


Leave a Reply

