pintu keluar's Blog

jalan keluar satu-satunya

bocah penjual LEGEN

on January 28, 2010

Legen dalam kemasan

mungkin ga semua orang tau apa itu legen,, legen itu semacam minuman yang berasal dari air buah Siwalan. rasanya lumayan keras,,mirip minuman beralkohol. tapi mungkin tidak terlalu memabukkan (sebenarnya saya tidak pernah minum legen banyak-banyak, jadi tidak tahu pasti apakah legen bisa menimbulkan efek memabukkan).

sebenarnya isi posting saya kali ini bukan tentang legen itu sendiri,, tapi tentang bocah penjual minuman legen yang suka jualan depan kompleks kantor saya. usianya sekitar 9 atau 10 tahun, badannya tegap dan lumayan berotot untuk anak seusia itu, kulitnya pun sangat hitam. mungkin karena terbakar matahari.

kisah ini dimulai ketika saya sedang beli makan untuk makan siang. karena PKL didepan kompleks perkantoran kena gusur, maka saya beli makan di PKL samping kompleks perkantoran. setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memutuskan untuk membeli sebungkus mie ayam solo. tapi setelah saya mendekati lapaknya, yang saya lihat hanya 2 orang bocah lelaki sedang bermain-main di terpal (yang digunakan sebagai alas) dibelakang rombong mie ayam. sejenak saya berpikir,, kemana nih penjualnya? tapi keheranan saya berakhir ketika salah seorang bocah lelaki yang sedang bermain tadi mendekati saya dengan ramah, dan  bertanya “mau pesan berapa mbak?” well,, ternyata penjualnya seorang bocah yang berumur sekitar 9 atau 10 tahun. kontan saya terkejut. dan spontan saya bertanya, “kamu ga sekolah dek?” setelah memesan sebungkus mie ayam polos (tanpa ayam-karena saya tidak makan daging hewan). dan bocah itu hanya menggeleng. jujur saya ingin  bertanya lagi kenapa, tapi saya urungkan karena tidak etis menurut saya. saya tidak ingin membuat orang lain tidak nyaman dengan pertanyaan saya.

dua hari setelah saya membeli mie ayam, di suatu pagi ketika saya hendak berangkat kantor, saya berjalan melewati PKL yang ada di samping kantor saya dan tiba-tiba ada sebuah gerobak penjual legen yang bentuknya seperti becak tapi alih-alih tempat duduk penumpa


Leave a Reply

